MICROSOFT OFFICE WORD (MATERI APLIKOM)
1.
MICROSOFT OFFICE WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word
No
|
Shorcuts
|
Fungsi
|
1
|
Ctrl+a (select all)
|
Berfungsi untuk memblok seluruh
isi dokumen
|
2
|
Ctrl+b (bold)
|
Menjadikan huruf lebih tebal dari
biasanya
|
3
|
Ctrl+c (copy)
|
Me-copy karakter yang dipilih
|
4
|
Ctrl+e (align center)
|
Mengatur posisi huruf agar berada
di tengah dokumen
|
5
|
Ctrl+f (find)
|
Untuk mencari teks / huruf dalam
dokumen
|
6
|
Ctrl+g (go)
|
Menuju halaman yang kita inginkan
|
7
|
Ctrl+h (replace)
|
Mengganti kata dengan kata lain
yang kita inginkan
|
8
|
Ctrk+i (italic)
|
Untuk memiringkan huruf / tulisan
|
9
|
Ctrl+j (justify)
|
Untuk merubah posisi teks agar
rata kiri kanan
|
10
|
Ctrl k (insert hyperlink)
|
Untuk membuat tautan
|
11
|
Ctrl+L (align left)
|
Untuk menjadikan posisi tulisan
rata kiri
|
12
|
Ctrl+n (create new document)
|
Untuk membuat dokumen baru
|
13
|
Ctrl+O (open)
|
Untuk membuka file dokumen
|
14
|
Ctrl+p (print)
|
Untuk mencetak dokumen
|
15
|
Ctrl+q (spacing)
|
Merubah jarak spasi sesudah
paragraf yang dipilih 10 pt
|
16
|
Ctrl+R (align right)
|
Untuk membuat posisi huruf rata
kanan
|
17
|
Ctrl+S (save)
|
Untuk menyimpan file dokumen
|
18
|
Ctrl+T (left indent)
|
Untuk mengatur left indent
|
19
|
Ctrl+U (underline)
|
Untuk menggarisbawahi kalimat
|
20
|
Ctrl+V (paste)
|
Untuk menempel hasil copy
|
21
|
Ctrl+W (close window)
|
Untuk keluar dari Microsoft word
|
22
|
Ctrl+X (cut)
|
Memotong huruf/gambar yang dipilih
|
23
|
Ctrl+Y (redo)
|
Menggunakan kembali perintah
terakhir
|
24
|
Ctrl+Z (undo)
|
Mengulangi hal yang terakhir
dilakukan
|
25
|
Ctrl+1 (line spacing 1)
|
Membuat jarak spasi 1 spasi
|
26
|
Ctrl+2 (line spacing 2)
|
Membuat jarak spasi 2 spasi
|
27
|
Ctrl+5 (line spacing 1,5)
|
Membuat jarak spasi 1,5 spasi
|
28
|
Ctrl+= (subscript)
|
Membuat penulisan huruf lebih
kecil di sebelah bawah
|
29
|
Ctrl+shift+= (superscript)
|
Membuat penulisan huruf lebih
kecil di sebelah atas
|
30
|
Ctrl+backspace
|
Untuk menghapus satu kata ke
belakang
|
31
|
Ctrl+delete
|
Untuk menghapus satu kata ke depan
|
32
|
Ctrl+enter
|
Membuat page break/halaman baru
|
33
|
Ctrl+[
|
Memperkecil ukuran huruf
|
34
|
Ctrl+]
|
Memperbesar ukuran huruf
|
35
|
F1 (help)
|
Membuka menu help
|
36
|
F2
|
Hampir sama dengan cut (ctr+x)
namun dengan enter
|
37
|
F5
|
Pergi ke halaman
|
38
|
(Ctrl + g) f7
|
Membuka dialog box Spelling and
Grammar
|
39
|
F12 (open file)
|
Membuka file dokumen
|
40
|
Ctrl+F1
|
Menampilkan atau menyembunyikan
ribbon
|
41
|
Ctrl+F2
|
Melihat print preview
|
42
|
Ctrl+F3
|
Sama dengan backspace (menghapus
ke belakang)
|
43
|
Ctrl+F4
|
Kelua dari word
|
44
|
Ctrl+F10
|
Merestore tampilan window
|
45
|
Ctrl+tombol panah kiri/kanan
|
Memindahkan kursor satu kata ke
kiri atau kanan
|
46
|
Shift+tombol panah kiri/kanan
|
Memblok satu karakter mulai dari
kursos berada ke kiri/ke kanan
|
47
|
Ctrl+Shift+tombol panah kiri/kanan
|
Memblok satu kata mulai dari
kursos berada ke kiri/ke kanan
|
48
|
Tombol home
|
Memindahkan kursor awal baris
|
49
|
Tombol end
|
Memindahkan kursos ke akhir baris
|
50
|
Ctrl+home
|
Memindahkan kursor awal baris awal
halaman
|
51
|
Ctrl+end
|
Memindahkan kursos ke akhir baris
akhir halaman
|
52
|
Ctrl+shift+home
|
Memblok isi dokumen dari tempat
kursos berada sampai pada awal halaman
|
53
|
Ctrl+shift+End
|
Memblok isi dokumen dari tempat
kursos berada sampai pada akhir halaman
|
54
|
Ctrl+backspace
|
Menghapus satu kata ke belakang
|
55
|
Ctrl+delete
|
Menghapus satu kata ke depan
|
56
|
Ctrl+alt+ +
|
Untuk membuat shortcut sendiri
|
a. Definisi
Drop
Cap merupakan cara untuk membuat satu huruf di awal paragraph menjadi lebih
mencorok, memiliki ukuran yang berbeda
dari ukuran huruf yang lainnya dan terlihat lebih menarik.
b. Cara Pembuatan Drop Cap
Berikut
langkah-langkah pembuatan Drop Caption :
a.
Buka applikasi
Microsoft office word (pada versi ini menggunakan office word 2013)
b. Blok
pada huruf awal paragraph yang akan dijadikan drop cap 

c. Kemudian
masuk pada menu Insert pada menu bar, dan pilih menu Drop cap, lalu pilih menu
yang tersedia seperti gambar dibawah ini :

d. Dan
drop cap telah selesai dibuat

- Definisi
Caption merupakan menu untuk memberi
nama pada gambar yang telah disisipkan pada halaman Microsoft office word.
- Cara menggunakan Caption
Langkah-langkah
menggunakan menu caption:
a.
masuk ke halaman
Ms word yang telah tersisipi sebuah gambar
b. klik
pada gambar yang akan diberi nama, lalu masuk ke menu references pada menu bar,
dan pilih insert caption

c. maka
akan muncul jendela menu seperti gambar, dan pilih “new label” 

d. maka
akan muncul menu seperti gambar, dan masukan nama yang akan diberikan pada
gambar. Missal “Gambar 1.” 

e. muncul
menu seperti gambar, dan tambahkan keterangan setelah nama yang dibuat tadi

f. Maka
nama untuk gambar (caption) telah selesai dibuat. lakukan kembali untuk penamaan
gambar lainnya tanpa menggunakan menu new label.

a.
Definisi
Page Number (Header and Footer)
merupakan sebuah penomoran pada halaman Ms Office, baik berada di bagian atas
halaman (header) ataupun di bagian bawah halaman (footer).
b.
Cara pembuatan
1.
Masuk ke halaman
Ms word yang akan diberi penomoran
2.
Kemudian masuk
ke menu insert dan pilih menu page number, nanti akan mucul pilihan menu
sebagai berikut :

Gambar 1. 9 Menu page Number
·
Top of page,
pemeberian nomor berada di bagian atas halaman
·
Bottom of page,
pemberian nomor di bagian bawah halaman
·
Page margins,
pemberian nomor dan nama di bagian accent bar dan vertical bar
·
Current position,
pengeditan pemberian nomor dan nama
3.
Pada
kali ini, yang pertama adalah memilih bottom of page, maka akan mucul penomoran
dibagian bawah halaman

Gambar 1. 10 Bottom number
4.
kemudian untuk
pemberian nomor halaman pada bagian kata pengantar, daftar isi, daftar gambar
dan daftar tabel yang menggunakan huruf romawi, kita klik pada halaman terakhir
yang akan di beri nomor halaman angka romawi, kemudian masuk ke menu page
layout, pilih menu breaks, dan pilih menu next page

Gambar 1. 11 Breaks
5.
Maka
kursor akan berpindah ke halaman yang berikutnya. Kemudian blok nomor halaman,
dan klik menu link to prefius agar tidak berfungsi

Gambar 1. 12 Link to previous
6.
Lalu
blok nomor halaman sebelumnya, klik kanan dan pilih menu format page number

Gambar 1. 13 Format page number
7.
Maka
akan mucul menu sperti gambar, dan pilih format yang akan dipakai (pada kali
ini menggunakan romawi kecil) dan klik ok

Gambar 1. 14 Format nomor
8.
Maka nomor halaman dari 1-4 akan berformat romawi
Sementara halaman selanjutnya tetap, dan halaman selanjutnya dapat diurut
kembali dengan perubahan formatnya

Gambar 1. 15 Nomor romawi
9.
Kemudian
untuk peletakan berbeda pada halaman 1 dengan halaman yang lainya, kita simpan
kursor pada bagian akhir paragraph, kemudian masuk kembali ke menu page layout
, pilih break, dan pilih nextpage, maka kursor akan berpindah pada halaman yang
berikutnya dan nomor halaman berubah menjadi 1
10. Kemudian kita blok
nomor halaman pada bagian halaman ke 2 yang bernomor 1, dan klik menu link to
previus untuk mematikan fungsinya

Gambar 1. 16 Menu link to previous
11. Kemudian blok nomor
halamannya dan klik kanan pilih menu format page number

Gambar 1. 17 Meno format page number
12. Lalu
ubah pada menu star at dengan angka 2

Gambar 1. 18 Page number format
13. Maka penomoran halaman
akar berurutan kembali
14. Untuk halaman no 1,
karena akan diberikan penomoran pada bagian atas, maka kita klik halaman
tersebut dan pilih menu insert, pilih page number dan pilih top of page lalu
pilih penempatan atas yang diinginkan

Gambar 1. 19 Top of page
15. Maka penomoran akan
berada di bagian atas halaman, (untuk nomor halaman yang berada dibawahnya bisa
dihapus saja)

Gambar 1. 20 Penomoran di atas
16. Jika pada halaman
dibawah halaman no 1 dan diatas halamanya juga terdapat penomoran dibagian
atas, maka lakukan penonaktifan menu link to previus dan hapus no tersebut.

Gambar 1. 21 Nonaktif link to previous
17. Pemberian
nomor pada halaman telah selesai.
a.
Definisi
Daftar isi merupakan
deretan judul dari materi yang berada didalam sebuah buku (pada umumnya) dan
menunjukan tempat atau nomor halaman pada buku tersebut.
b.
Langkah
pembuatan
1.
Sebelum
membuat daftar isi, judul dari tiap materi yang sudah ada diberikan menu
heading, tittle atau format yang lainnya dulu, caranya dengan memblok judul dan
memilih menu heading pada menu bar Home dan biasanya akan nada daftar yang
sudah di heading pada menu navigation jika menu navigation panel diaktifkan

Gambar 1. 22 Heading
2.
Heading
saya gunakan hanya untuk daftar pustaka, daftar isi, daftar gambar dan daftar
gambar. Judul menggunakan menu tittle. Lakukan untuk semua judul, dan jika
ingin membuat subjudul dari heading atau tittle, maka blok judul yang sudah di
heading dan pilih menu format painter, kemudian blok pada subjudul dan tekan
tombol tab

Gambar 1. 23 Format painter
3.
Setelah
pemberian heading, tittle dan yang lainnya selesai, kita mulai membuat daftar
isi.
4.
Masuk
ke halaman yang sudah diberi judul daftar isi, lalu pilih menu references, dan
pilih menu Table of contents, lalu pilih format yang diinginkan

Gambar 1. 24 Table of contents
5.
Daftar isi telah
selesai dibuat. Jika terjadi perubahan halaman atau penambahan lakukakan klik
kanan dan klik update field.

Gambar 1. 25 hasil Daftar isi
6.
Untuk pembuatan
daftar gambar tidak perlu melakukan heading, namun cukup klik dihalaman yang
akan dijadikan daftar gambar, kemudian klik menu references, akan mucul menu
seperti gambar, dan klik oke

Gambar 1. 26 Insert Table of figures
7.
Maka
daftar gambar telah selesai dibuat

gambar 1. 27 Hasil daftar gambar
8.
Untuk
pembuatan daftar tabel langkahnya sama dengan pembuatan daftar gambar, tapi
pada menu caption label pilih tabel

Gambar 1. 28 Table of figure untuk tabel
9.
Daftar
table selesai dibuat

Gambar 1. 29 Hasil daftar tabel
a. Definisi
Menu mailings ini memudahkan kita dalam
pembuatan berkas yang mempunyai data banyak namun dengan satu type rangka yang
sama, seperti surat, laporan hasil belajar (raport) ataupun berkas sejenisnya.
b. Langkah-langkah
pembuatan :
1. Buka
aplikasi Ms Office Word dan Ms Office Excel
2. Pada
Ms word buatlah sebuah surat atau berkas yang anda ingin buat, saya disini
membuat surat dengan beberapa bagian yang dikosongkan, dan pada excel buatlah
data yang akan di masukan :

Gambar 1. 30 word surat

Gambar 1. 31 excel data dengan urutan ke samping
3. Setelah
kedua bahan selesai, selanjutnya buka surat di Ms word tadi dan masuk menu
mailings, pilih menu seperti gambar

Gambar 1. 32 menu mailings
4. Kemudian
cari data Ms excel yang telah di buat dan pilih open

Gambar 1. 33 pilih data
5. Kemudian
pilih di sheet mana anda menyimpan data tadi dalam excel, dan klik ok

Gambar 1. 34 sheet excel
6. Letakan
kursor di tiap bagian surat yang kosong dan pilih data mana yang akan di
masukan dengan memilih menu seperti gambar, dan pilih menu preview result untuk
melihat datan yang telah dimasukan.

Gambar 1. 35 mailings menu
7. Maka
setiap data dalam surat akan terisi sesuai dengan data yang ada di excel dan
dengan jumlah yang telah ditentukan oleh anda
5.1 MAIL
MERGE
Ini merupakan menu yang sama dengan
yang sebelumnya, hanya saja datanya tidak menggunakan ms excel. Namun berada
pada mail merge.
Langkah pembuatannya seperti
berikut :
1. Karena
ini merupakan menu yang mempunyai fungsi yang sama dengan judul sbelumnya, maka
saya hanya akan membuat datanya saja.
2. Masuk
pada menu mailings dan pilih
0 komentar:
Posting Komentar