Ega ginanjar 1147060023 | Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Aplikasi Komputer

Kamis, 21 Mei 2015

MICROSOFT OFFICE WORD (MATERI APLIKOM)

1.    MICROSOFT OFFICE WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word
Tabel 1. 1 Shorcuts
No
Shorcuts
                                          Fungsi                             
1
Ctrl+a (select all)
Berfungsi untuk memblok seluruh isi dokumen
2
Ctrl+b (bold)
Menjadikan huruf lebih tebal dari biasanya
3
Ctrl+c (copy)
Me-copy karakter yang dipilih
4
Ctrl+e (align center)
Mengatur posisi huruf agar berada di tengah dokumen
5
Ctrl+f (find)
Untuk mencari teks / huruf dalam dokumen
6
Ctrl+g (go)
Menuju halaman yang kita inginkan
7
Ctrl+h (replace)
Mengganti kata dengan kata lain yang kita inginkan
8
Ctrk+i (italic)
Untuk memiringkan huruf / tulisan
9
Ctrl+j (justify)
Untuk merubah posisi teks agar rata kiri kanan
10
Ctrl k (insert hyperlink)
Untuk membuat tautan 
11
Ctrl+L (align left)
Untuk menjadikan posisi tulisan rata kiri
12
Ctrl+n (create new document)
Untuk membuat dokumen baru
13
Ctrl+O (open)
Untuk membuka file dokumen
14
Ctrl+p (print)
Untuk mencetak dokumen
15
Ctrl+q (spacing)
Merubah jarak spasi sesudah paragraf yang dipilih 10 pt
16
Ctrl+R (align right)
Untuk membuat posisi huruf rata kanan
17
Ctrl+S (save)
Untuk menyimpan file dokumen
18
Ctrl+T (left indent)
Untuk mengatur left indent
19
Ctrl+U (underline)
Untuk menggarisbawahi kalimat
20
Ctrl+V (paste)
Untuk menempel hasil copy
21
Ctrl+W (close window)
Untuk keluar dari Microsoft word
22
Ctrl+X (cut)
Memotong huruf/gambar yang dipilih
23
Ctrl+Y (redo)
Menggunakan kembali perintah terakhir
24
Ctrl+Z (undo)
Mengulangi hal yang terakhir dilakukan
25
Ctrl+1 (line spacing 1)
Membuat jarak spasi 1 spasi
26
Ctrl+2 (line spacing 2)
Membuat jarak spasi 2 spasi
27
Ctrl+5 (line spacing 1,5)
Membuat jarak spasi 1,5 spasi
28
Ctrl+= (subscript)
Membuat penulisan huruf lebih kecil di sebelah bawah


29
Ctrl+shift+= (superscript)
Membuat penulisan huruf lebih kecil di sebelah atas
30
Ctrl+backspace
Untuk menghapus satu kata ke belakang
31
Ctrl+delete
Untuk menghapus satu kata ke depan
32
Ctrl+enter
Membuat page break/halaman baru
33
Ctrl+[
Memperkecil ukuran huruf
34
Ctrl+]
Memperbesar ukuran huruf
35
F1 (help)
Membuka menu help
36
F2
Hampir sama dengan cut (ctr+x) namun dengan enter
37
F5
Pergi ke halaman
38
(Ctrl + g) f7
Membuka dialog box Spelling and Grammar
39
F12 (open file)
Membuka file dokumen
40
Ctrl+F1
Menampilkan atau menyembunyikan ribbon
41
Ctrl+F2
Melihat print preview
42
Ctrl+F3
Sama dengan backspace (menghapus ke belakang)
43
Ctrl+F4
Kelua dari word
44
Ctrl+F10
Merestore tampilan window
45
Ctrl+tombol panah kiri/kanan
Memindahkan kursor satu kata ke kiri atau kanan
46
Shift+tombol panah kiri/kanan
Memblok satu karakter mulai dari kursos berada ke kiri/ke kanan
47
Ctrl+Shift+tombol panah kiri/kanan
Memblok satu kata mulai dari kursos berada ke kiri/ke kanan
48
Tombol home
Memindahkan kursor awal baris
49
Tombol end
Memindahkan kursos ke akhir baris
50
Ctrl+home
Memindahkan kursor awal baris awal halaman
51
Ctrl+end
Memindahkan kursos ke akhir baris akhir halaman
52
Ctrl+shift+home
Memblok isi dokumen dari tempat kursos berada sampai pada awal halaman
53
Ctrl+shift+End
Memblok isi dokumen dari tempat kursos berada sampai pada akhir halaman
54
Ctrl+backspace
Menghapus satu kata ke belakang
55
Ctrl+delete
Menghapus satu kata ke depan
56
Ctrl+alt+  +
Untuk membuat shortcut sendiri




a.       Definisi
Drop Cap merupakan cara untuk membuat satu huruf di awal paragraph menjadi lebih mencorok,  memiliki ukuran yang berbeda dari ukuran huruf yang lainnya dan terlihat lebih menarik.
b.      Cara Pembuatan Drop Cap
Berikut langkah-langkah pembuatan Drop Caption :
a.       Buka applikasi Microsoft office word (pada versi ini menggunakan office word 2013)
b.      Blok pada huruf awal paragraph yang akan dijadikan drop cap
Gambar 1. 1 Blok huruf awal
c.       Kemudian masuk pada menu Insert pada menu bar, dan pilih menu Drop cap, lalu pilih menu yang tersedia seperti gambar dibawah ini :
Gambar 1. 2 Menu drop cap
d.      Dan drop cap telah selesai dibuat
Gambar 1. 3 Hasil drop cap
  1. Definisi
Caption merupakan menu untuk memberi nama pada gambar yang telah disisipkan pada halaman Microsoft office word.
  1. Cara menggunakan Caption
Langkah-langkah menggunakan menu caption:
a.       masuk ke halaman Ms word yang telah tersisipi sebuah gambar
b.      klik pada gambar yang akan diberi nama, lalu masuk ke menu references pada menu bar, dan pilih insert caption
Gambar 1. 4 Menu Caption
c.       maka akan muncul jendela menu seperti gambar, dan pilih “new label”
Gambar 1. 5 Jendela caption
d.      maka akan muncul menu seperti gambar, dan masukan nama yang akan diberikan pada gambar. Missal “Gambar 1.”
Gambar 1. 6 New label
e.       muncul menu seperti gambar, dan tambahkan keterangan setelah nama yang dibuat tadi
Gambar 1. 7 Nama Keterangan gambar
f.       Maka nama untuk gambar (caption) telah selesai dibuat. lakukan kembali untuk penamaan gambar lainnya tanpa menggunakan menu new label.
Gambar 1. 8 Hasil caption


a.       Definisi
Page Number (Header and Footer) merupakan sebuah penomoran pada halaman Ms Office, baik berada di bagian atas halaman (header) ataupun di bagian bawah halaman (footer).
b.      Cara pembuatan
1.      Masuk ke halaman Ms word yang akan diberi penomoran
2.      Kemudian masuk ke menu insert dan pilih menu page number, nanti akan mucul pilihan menu sebagai berikut :
Gambar 1. 9 Menu page Number
·         Top of page, pemeberian nomor berada di bagian atas halaman
·         Bottom of page, pemberian nomor di bagian bawah halaman
·         Page margins, pemberian nomor dan nama di bagian accent bar dan vertical bar
·         Current position, pengeditan pemberian nomor dan nama
3.      Pada kali ini, yang pertama adalah memilih bottom of page, maka akan mucul penomoran dibagian bawah halaman
Gambar 1. 10 Bottom number
4.      kemudian untuk pemberian nomor halaman pada bagian kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel yang menggunakan huruf romawi, kita klik pada halaman terakhir yang akan di beri nomor halaman angka romawi, kemudian masuk ke menu page layout, pilih menu breaks, dan pilih menu next page
Gambar 1. 11 Breaks
5.      Maka kursor akan berpindah ke halaman yang berikutnya. Kemudian blok nomor halaman, dan klik menu link to prefius agar tidak berfungsi
Gambar 1. 12 Link to previous
6.      Lalu blok nomor halaman sebelumnya, klik kanan dan pilih menu format page number
Gambar 1. 13 Format page number
7.      Maka akan mucul menu sperti gambar, dan pilih format yang akan dipakai (pada kali ini menggunakan romawi kecil) dan klik ok
Gambar 1. 14 Format nomor
8.      Maka nomor halaman dari 1-4 akan berformat romawi Sementara halaman selanjutnya tetap, dan halaman selanjutnya dapat diurut kembali dengan perubahan formatnya
Gambar 1. 15 Nomor romawi

9.      Kemudian untuk peletakan berbeda pada halaman 1 dengan halaman yang lainya, kita simpan kursor pada bagian akhir paragraph, kemudian masuk kembali ke menu page layout , pilih break, dan pilih nextpage, maka kursor akan berpindah pada halaman yang berikutnya dan nomor halaman berubah menjadi 1
10.  Kemudian kita blok nomor halaman pada bagian halaman ke 2 yang bernomor 1, dan klik menu link to previus untuk mematikan fungsinya
Gambar 1. 16 Menu link to previous
11.  Kemudian blok nomor halamannya dan klik kanan pilih menu format page number
Gambar 1. 17 Meno format page number
12.  Lalu ubah pada menu star at dengan angka 2
Gambar 1. 18 Page number format
13.  Maka penomoran halaman akar berurutan kembali
14.  Untuk halaman no 1, karena akan diberikan penomoran pada bagian atas, maka kita klik halaman tersebut dan pilih menu insert, pilih page number dan pilih top of page lalu pilih penempatan atas yang diinginkan
Gambar 1. 19 Top of page
15.  Maka penomoran akan berada di bagian atas halaman, (untuk nomor halaman yang berada dibawahnya bisa dihapus saja)
Gambar 1. 20 Penomoran di atas

16.  Jika pada halaman dibawah halaman no 1 dan diatas halamanya juga terdapat penomoran dibagian atas, maka lakukan penonaktifan menu link to previus dan hapus no tersebut.
Gambar 1. 21 Nonaktif link to previous
17.  Pemberian nomor pada halaman telah selesai.

a.       Definisi
Daftar isi merupakan deretan judul dari materi yang berada didalam sebuah buku (pada umumnya) dan menunjukan tempat atau nomor halaman pada buku tersebut.
b.      Langkah pembuatan
1.      Sebelum membuat daftar isi, judul dari tiap materi yang sudah ada diberikan menu heading, tittle atau format yang lainnya dulu, caranya dengan memblok judul dan memilih menu heading pada menu bar Home dan biasanya akan nada daftar yang sudah di heading pada menu navigation jika menu navigation panel diaktifkan
Gambar 1. 22 Heading
2.      Heading saya gunakan hanya untuk daftar pustaka, daftar isi, daftar gambar dan daftar gambar. Judul menggunakan menu tittle. Lakukan untuk semua judul, dan jika ingin membuat subjudul dari heading atau tittle, maka blok judul yang sudah di heading dan pilih menu format painter, kemudian blok pada subjudul dan tekan tombol tab
Gambar 1. 23 Format painter
3.      Setelah pemberian heading, tittle dan yang lainnya selesai, kita mulai membuat daftar isi.
4.      Masuk ke halaman yang sudah diberi judul daftar isi, lalu pilih menu references, dan pilih menu Table of contents, lalu pilih format yang diinginkan
Gambar 1. 24 Table of contents

5.      Daftar isi telah selesai dibuat. Jika terjadi perubahan halaman atau penambahan lakukakan klik kanan dan klik update field.
Gambar 1. 25 hasil Daftar isi
6.      Untuk pembuatan daftar gambar tidak perlu melakukan heading, namun cukup klik dihalaman yang akan dijadikan daftar gambar, kemudian klik menu references, akan mucul menu seperti gambar, dan klik oke
Gambar 1. 26 Insert Table of figures


7.      Maka daftar gambar telah selesai dibuat
gambar 1. 27 Hasil daftar gambar
8.      Untuk pembuatan daftar tabel langkahnya sama dengan pembuatan daftar gambar, tapi pada menu caption label pilih tabel
Gambar 1. 28 Table of figure untuk tabel
9.      Daftar table selesai dibuat
Gambar 1. 29 Hasil daftar tabel


a.       Definisi
Menu mailings ini memudahkan kita dalam pembuatan berkas yang mempunyai data banyak namun dengan satu type rangka yang sama, seperti surat, laporan hasil belajar (raport) ataupun berkas sejenisnya.
b.      Langkah-langkah pembuatan :
1.      Buka aplikasi Ms Office Word dan Ms Office Excel
2.      Pada Ms word buatlah sebuah surat atau berkas yang anda ingin buat, saya disini membuat surat dengan beberapa bagian yang dikosongkan, dan pada excel buatlah data yang akan di masukan :
Gambar 1. 30 word surat
Gambar 1. 31 excel data dengan urutan ke samping
3.       Setelah kedua bahan selesai, selanjutnya buka surat di Ms word tadi dan masuk menu mailings, pilih menu seperti gambar
Gambar 1. 32 menu mailings
4.       Kemudian cari data Ms excel yang telah di buat dan pilih open
Gambar 1. 33 pilih data
5.       Kemudian pilih di sheet mana anda menyimpan data tadi dalam excel, dan klik ok
Gambar 1. 34 sheet excel
6.       Letakan kursor di tiap bagian surat yang kosong dan pilih data mana yang akan di masukan dengan memilih menu seperti gambar, dan pilih menu preview result untuk melihat datan yang telah dimasukan.
Gambar 1. 35 mailings menu
7.       Maka setiap data dalam surat akan terisi sesuai dengan data yang ada di excel dan dengan jumlah yang telah ditentukan oleh anda

5.1  MAIL MERGE
Ini merupakan menu yang sama dengan yang sebelumnya, hanya saja datanya tidak menggunakan ms excel. Namun berada pada mail merge.
Langkah pembuatannya seperti berikut :
1.      Karena ini merupakan menu yang mempunyai fungsi yang sama dengan judul sbelumnya, maka saya hanya akan membuat datanya saja.

2.      Masuk pada menu mailings dan pilih

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts